Kasi Tahu

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Apakah UI Berpengaruh Pada Kinerja Android ?


Semakin kesini android semakin banyak diadopsi oleh berbagai brand smartphone, entah itu smartphone lokal ataupun smartphone dari luar. Selain brand ada satu lagi yang bisa membedakan smartphone satu dengan yang lainnya yaitu User Interface (UI).
Apa itu UI ? UI adalah tampilan khas dari smartphone yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh sebuah brand sehingga bisa menjadi ciri khas tersendiri untuk brand tersebut.
Ada banyak sekali UI smartphone yang terkenal saat ini antara lain Dream Ux dari Samsung, Color OS dari Oppo, MIUI dari Xiaomi , ataupun pure android dari google dan lainnya. Lalu apakah UI ini berpengaruh terhadap kinerja smartphone ?

Jawabannya adalah Iya, lalu mengapa UI bisa berpengaruh pada kinerja smartphone ?
Selain sudah dimodifikasi pada tampilan UI juga sudah dioptimasi oleh brand masing masing, sudah ada tweak sendiri dan sudah diisi beberapa aplikasi bawaan dari brand. Optimasi inilah yang mempengaruhi kinerja smartphone.

Contoh Optimasi CPU pada Dream UX

Optimasi pada smartphone tidak terbatas hanya pada tweak, namun juga pada kinerja core pada CPU yang di atur sedemikian rupa oleh UI dari brand smartphone.
UI dari smartphone juga akan terlihat dari boot smartphone, semakin berat sebuah UI maka akan semakin lama proses booting dari smartphone (dengan asumsi CPU smartphone yang dibandingkan setara). Bahkan UI ini juga mempengaruhi baterai dari smartphone, ada UI yang mengorbankan sedikit performa androidnya demi menjaga agar baterai smartphone nya awet.
Itulah beberapa alasan mengapa UI berpengaruh pada kinerja smartphone. Sekian dulu untuk artikel kali ini, jika ada yang perlu ditanyakan silakan tulis di kolom komentar ya.

0 Komentar Apakah UI Berpengaruh Pada Kinerja Android ?

Post a Comment

Back To Top