Kasi Tahu

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Cara Mudah Membuat Hardsub (Menggabungkan Film dengan Subtitle)


Cara Mudah Membuat Hardsub (Menggabungkan Film dengan Subtitle) - Bagi kalian pecinta film tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya subtitle. Ada banyak cara untuk menggabungkan film dengan subtitle akan tetapi sedikit cara yang benar benar membuar membuat film dengan subtitlenya menyatu. Salah satu contohnya adalah ketika menggabungkan subtitle dengan film kemudian di putar menggunakan flashdisk di TV namun subtitle-nya malah kelihatan kecil sehingga susah dibaca.
Atau kalian pernah download film di LK21 dan diputar di televisi namun subtitle-nya tidak kecil dan enak untuk dibaca, nah kali ini MaesaTech akan membagikan bagaimana cara membuatnya sehingga subtitle akan tetap bagus dimanapun film itu diputar.

File dari sebuah subtitle biasanya berbentuk .srt atau .ass dan file tersebut biasa disebut softsub, kemudian jika softsub tersebut digabungkan dengan film biasanya disebut dengan hardsub, tapi ada juga yang menyebut dengan hardcode.

Untuk menggabungkan subtitile ini admin menggunakan sebuah aplikasi tambahan, file tersebut bukanlah MKVtoolNix, Aegisub, atau Format Factory yang banyak direkomendasikan melainkan menggunakan aplikasi iDealshare VideoGo yang terbukti lebih baik karena jika film diputar di televisi subtitle-nya tidak menjadi kecil.

Cara Membuat Hardsub dengan iDealshare


Berikut adalah langkah-langkah untuk menggabungkan subtitile dengan film:
Sebelum memulai step by step nya, silakan download terlebih dahulu aplikasi iDealshare untuk Sistem Operasi Windows Disini dan untuk Sistem Opersi Mac OS Disini, kemudian instal file tersebut.

  1. Buka aplikasi iDealshare, kemudian pilih add file dan tambahkan file film yang akan ditambah subtitlenya.
  2. Kemudian pilih edit subtitle dan tambahkan subtitle film yang akan digabungkan.
  3. Pilih format video hasil penggabungan dengan subtitle bisa pilih mp4 atau mkv(ini opsional, karena format film yang di input akan sama dengan outputnya).
  4. Kemudian terakhir tekan tombol besar pada bagian bawah kanan.
  5. Kemudian tunggu sebentar sampai proses penggabungan selesai, untuk lebih jelasnya silakan perhatikan gambar dibawah ini.
Cara Membuat Hardsub
Cara Membuat Hardsub

Itulah Cara Mudah Membuat Hardsub (Menggabungkan Film dengan Subtitle), sekarang kalian sudah bisa memutar film di komputer atau di televisi tanpa memikirkan subtitle lagi karena subtitle-nya sudah menyatu dengan filmya.

0 Komentar Cara Mudah Membuat Hardsub (Menggabungkan Film dengan Subtitle)

Post a Comment

Back To Top