Kasi Tahu

Blog yang membahas teknologi disekitar kita, membagikan tips dan trik menarik seputar teknologi

Kenapa Samsung Galaxy A50 Bisa Smooth Extreme Main PUBG ?


Kenapa Samsung Galaxy A50 Bisa Smooth Extreme Main PUBG ? Samsung Galaxy A50 sudah meluncur di Indonesia beberapa hari lalu, smartphone ini mengusung desain yang jauh berbeda dari ciri khas desain smartphone samsung sebelumnya.
Kali ini bukan desain yang menjadi pembahasan kita, melainkan hal yang membuat para PUBG player terheran heran dengan kemampuan gaming dari smartphone ini. Bagaimana tidak, dari seri nya, galaxy A merupakan smartphone kelas menengah, namun mampu memainkan PUBG Mobile dengan settingan HDR dengan Frame rate Ultra, serta settingan pro player smooth dengan frame rate extreme. Hal ini sudah menjadi pembahasan di dunia maya, di grup smartphone serta komentar komentar netizen di youtube mengenai performa smartphone yang satu ini.
Dari nilai antutu benchmark, smartphone ini kalah dengan snapdragon 675 namun snapdragon 675 di kebanyakan smartphone tidak mampu memainkan PUBG semulus Samsung Galaxy A50. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, kali ini kita akan menguak rahasia dibalik Samsung Galaxy A50. Yang akan digunakan perbandingan disini adalah smartphone dengan prosesor Snapdragon 675 dan dengan smartphone yang meggunakan GPU Sama persis dengan Samsung A50.


1. GPU
Jika kita membandingkan performa gaming sebuah smartphone tentu kita tidak hanya membandingkan CPU saja, karena dari segi CPU dibanding snapdragon 675 pada kompetitornya seperti Vivo V15 Pro dan Redmi Note 7, Samsung Galaxy A50 masih kalah karena hanya menggunakan Exynos 9610.
Dari skor antutu benchmark yang dibagi menjadi 4 bagian, fokus kita disini adalah pada nilai GPU nya. Nilai GPU Samsung A50 lebih besar 4000 poin dibanding nilai GPU Redmi Note 7 atau Vivo V15 Pro.
Perbandingan Nilai GPU Samsung A50 dengan Vivo V15 Pro
Perbandingan Nilai GPU Samsung A50 dengan Vivo V15 Pro

Jadi apakah sudah bisa disimpulkan kalau dengan nilai GPU lebih besar 4000 dari kompetitor sudah cukup membuat PUBG berjalan dengan grapik smooth extreme ?
Tentu jawabannya belum, lalu apa lagi rahasia Samsung Galaxy A50 ?

2. Versi Vulkan API Samsung Galaxy A50
Selain nilai GPU yang lebih tinggi, versi VULKAN API dari Samsung Galaxy A50 lebih tinggi juga. Untuk tes kedua ini yang digunakan perbandingan adalah Oppo F11 Pro, karena memiliki GPU sama persis dengan Samsung Galaxy A50, yaitu GPU Mali MP3.
Pada Oppo F11 Pro yang memiliki GPU sama persis tidak mampu menjalankan PUBG smooth extreme. Setelah di teliti ternyata Samsung A50 dan Oppo F11 Pro memiliki versi Vulkan API yang berbeda.
Nah ternyata versi Vulkan API lah yang menyebabkan PUBG Mobile bisa berjalan dengan settingan smooth extreme dibanding kompetitor lainnya yang masih menggunakan Vulkan API versi 1.0.74 sedangkan Samsung Galaxy A50 Sudah Menggunakan Vulkan API versi 1.0.82. Lalu benarkah vesi Vulkan API ini mempengaruhi PUBG di Samsung Galaxy A50 ? Jawabannya adalah Iya. Setelah di lakukan tes Benchmark menggunakan 3DMark hasil berikut muncul.

Perbangdingan Nilai Vulkan API Samsung A50 dengan Oppo F11 Pro
Perbangdingan Nilai Vulkan API Samsung A50 dengan Oppo F11 Pro


Pada gambar diatas terlihat jelas nilai OpenGL E.S 3.1 nya sama karena menggunakan GPU yang sama pula, sedangkan nilai Vulkan berbeda cukup jauh sekitar 100 poin lebih. Dengan hasil benchmark ini terbukti sudah bahwa versi Vulkan API lah yang membuat PUBG di samsung Galacy A50 bisa berjalan Smooth Extreme.

3. Tambahan
Apa cukup dengan Versi Vulkan API itu saja Samsung Galaxy A50 bisa berjalan HDR Ultra serta Smooth Extreme di Samsung Galaxy A50 ? Sebenarnya sudah cukup dengan Versi Vulkan API tersebut, namun ada tambahan di poin ketiga ini yang bisa menunjang performa dari Samsung Galaxy A50, yaitu Software dari samsung yang kini diberi nama OneUI.
Untuk poin 3 ini sebenarnya dicoba di Samsung Galaxy S7 karena S7 belum menggunakan OneUI, dan masih menggunakan Samsung Experience berbasis android 8.0 Oreo. Dengan samsung Experience, samsung S7 mampu menjalankan PUBG Mobile dengan settingan HD dan frame rate High, akan tetapi masih terasa sedikit lag. Namun setelah Samsung S7 menggunakan Custom ROM OneUI hasil porting, PUBG berjalan lebih ringan, fps lebih stabil dan pengalaman bermain PUBG lebih menyenangkan dari biasanya.

Nah itulah pembahasan Kenapa Samsung Galaxy A50 Bisa Smooth Extreme Main PUBG ?
Jika kalian mempunyai pendapat tambahan mengenai samsung galaxy a50 ini silakan tulis dikolom komentar ya.

0 Komentar Kenapa Samsung Galaxy A50 Bisa Smooth Extreme Main PUBG ?

Post a Comment

Back To Top